Ummusshabri Kendari Gelar Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 70

Pesantren Ummusshabri (Pesri) Kendari tak ketinggalan melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati hari ulang tahun ( HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke  70 tanggal 17 Agustus 2015.

Upacara bendera yang  dilaksakan di pelataran upacara kompleks Pesri Kendari dipimpin langsung oleh ketua yayasan Ummusshabri Kendari Dr. Supriyanto, MA.

Ketua yayasan Ummusshabri Kendari dalam arahannya menyampaikan bahwa upacara bendera yang kita laksanakan ini sebagai wujud rasa kebangsaan kita sebagai anak Indonesia yang mendiami  Indonesia dengan berbagai ragam budayanya , dan telah mempersatukan kita dengan nama Indonesia .

Supriyanto dalam arahannya banyak mengulas tentang sejarah peristilahan negara kita yang bernama Indonesia.

Ia menjelaskan bahwa awal mula kata “Indonesia” itu sebenarnya muncul  pertama kali ditulis dalam salah satu majallah di singapura,   justru adalah di perdengarkan oleh salah seorang sarjana hukum  dari Inggris yang bernama George Samuel Windsor Earl.  George Samuel Windsor Earl yang mengusulkan agar ada identitas warga atau manusia atau masyarakat yang berdiam di kepulauan Hindia dan juga ada masyarakat identitas kenegaraan yang berada pada wilayah melayu, lalu kemudian Winsor ini mengusulkan 2 nama pertama Indunesia  dan yang kedua Melayunesia, lalu kemudian Windsor ini memilih istilah yang ke dua untuk menamakan kita adalah melayunesia, lalu ada salah seorang sarjana dari Skotlandia yang bernama James Richardson Logan ia mengganggap tidak tepat kalau di berinama melayunesia, kata yang dibuang olen Windsor tadi diambil kembali oleh salah seorang sarjana dari skotlandia ini lalu kata U yang ada di kata tadi di ubah menjadi O lalu terjadilah kata Indonesia bukan lagi Indunisia, alasannya supaya lebih enak dibaca dan lebih enak disebutkan.

Kemudian kata Indonesia itu pertama kali diabadikan oleh Kihajar Dewantara  dan itulah yang kemudian menjadi identitas kebangsaan kita Indonesia.

Karenanya sebagai bangsa Indonesia itu kita harus bersyukur. Kenapa ? Kata Indonesia itu terdiri dari 9 hurup. Pertama Huruf I itu adalah hurup ke 9, N huruf ke 14 D huruf yang ke 4 Hurup O huruf ke 15 N huruf ke 14 E huruf ke 5 S hurup ke 19 I huruf ke 9 dan A huruf yang pertama. Terus pertanyaannya angka apa yang muncul yaitu angka 1, 9, 4, dan 5 kalau angka itu dikemas akan menjadi 1945.

Selain itu kita pun bersyukur ternyata ketika semua angka yang dari kata “Indonesia” tersebut dijumlahkan, ternyata berjumlah 90, Surah ke 90 dalam Alquran itu adalah surah Al Balad, Al Balad itu jika diartikan bermakna Negeri

Menurutnya ini adalah kesyukuran kita karena Allah SWT telah menurunkan hidayah lewat melalui orang nonmuslim untuk memberikan istilah Indonesia dan  ternyata hidayah tersebut   memang sebenarnya diperuntukkan kepada kita khususnya Orang Indonesia karena memang Allah menurunkan hidayah tersebut sesuai dengan rangkaian kata kata”Indonesia” yang keluar dan dari rangkaian angka angka tersebut serta sesuai dengan surah ke 90 dari Surah Al Balad

Upacara bendera dalam rangka HUT Kemerdekaan yang dilaksanakan hari ini merupakan Upacara terpadu pertama semenjak Yayasan Umusshabri Kendari dinakodai oleh Dr. Supriyanto MA.

Turut hadir dalam upacara ini Ketua Gerakan Usaha Pembaruan Pendidikan Islam (GUPPI) Sulawesi Tenggara Drs Arsyidik Asuru, MA, Pengurus Yayasan Ummusshabri, Kepala Madrasah dan guru lingkup Pesri Kendari serta para siswa(IK)

 

 

 

 

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn

Additional information