MA Pesri Kendari Laksanakan Workshop Pengembangan Program Keagamaan

Madrasah Aliyah Pesri Kendari melaksanakan Workshop Pengembangan Program Keagamaan. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 1-2 Maret 2013 dan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Manajemen Pesantren Ummusshabri Kendari Dr. Supriyanto di ruang Multimedia MA Pesri Kendari .

Dalam Sambutannya dia mengatakan tidak bisa dipungkiri bahwa Pesantern merupakan lembaga pendidikan tertua memiliki jasa yang besar dalam membentuk kakrakter bangsa, karena itu Pesantren sebagai lembaga tradisional mempunyai beberapa fungsi antara lain Pertama Tafaqquh fi dddini. Sebagai pusat pengakuan agama melalui pembinaan  kepesantrenan  Kedua  Reproduksi Ulama. Jadi ulama itu di produk dari lembaga pemdidikan yang memang sudah secara sistematis mendisain calon ahli agama, dibutuhkan upaya bejenjang mulai dari tingkat yang paling bawah sampai yang tinggi seperti Ma’had Aali. Dan Ketika ulama ini terproduk akan maksimalklan peran ketiganya yaitu benteng pertahanan umat.

Karena itu Ummusshabri harus menyesuaikan  kurikulum yang ada serta mengarahkan siswa untuk bisa menjadi kader yang mumpuni dan mengupayakan mereka bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan yang linear. .

Sementara itu Ketua Panitia yang juga  Kepala MA Pesri Kendari dalam kata pengantarnya menyampaikan Latar belakang Pelaksanaan Workshop Pengembangan Program keagamaan ini yaitu pertama Peraturan pemerintah no 19 th 2005 tentang standar Nasional Pendidikan yang mengatur bagaimana peningkatan akses, mutu, daya saing serta tata kelola pendidikan madrasah. Kedua Madrasah secara umum mengalami kesulitan untuk mengembangkan potensinya dan yang ketiga madrasah saat hampir melupakan jati dirinya sebagai pusat pengembangan pendidikan keagamaan.

Selain itu ia juga menyampaikan tujuan kegiatan workshop ini yaitu  pertama Untuk mengetahui arah pembinaan pendidikan keagamaan di madrasah aliyah, kedua Agar pembinaan keagamaan tidak sekedar untuk memperkenalkan ajaran agama sebagai peserta didik sebagai bekal kehidupan beragama mereka akan tetapi lebih dari itu akan mengantar peserta didik menguasai segala persoalan yang terkait dengan keilmuan keagamaan dan ketiga Madrasah Aliyah bisa memiliki keunggulan dengan kekhususannya di bidang keagamaan.

Kegiatan Workshop Pengembangan keagamaa ini diikuti oleh Ustad ustadzah Pesri Kendari mulai dari MI, MTs dan MA termasuk juga Pembina dan Pengasuh Pondok ( IK )

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn

Additional information