Ka Kanwil Kemenag Prov Sultra Buka Bimtek Kurikulum 2013 lingkup Pesri Kendari

Kepala Kantor Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara Drs. Rakhman, M.Si , (Sabtu, 19 April 2014) membuka bimbingan teknis (Bimtek) Kurikulum 2013 Lingkup Pesantren Ummusshabri Kendari di Aula KH Baedawi Pesri Kendari.

Dalam sambutannya saat membuka acara ini Rakhman mengatakan dengan mengutip apa yang pernah disampaikan mantan sekjen Kementerian Agama Republik Indonesia bahwa “Seorang guru baru dikatakan berkualitas jika memiliki kemampuan komparatif dan kompetitif, Keunggulan komparatif maksudnya keunggulan dimana seseorang harus mampu memiliki pengetahuan atau knowledge, keunggulan ini sangat penting karena ini merupakan salah satu keungulan seorang guru, karena berbicara masalah guru profesional, maka  minimal ia harus memiliki 3 kompetensi, yaitu Pertama Kompetensi Pendidik, pendidik harus memiliki pengetahuan sesuai kualifikasi pendidikan akademik yang dimiliki, jangan seperti diwaktu waktu terdahulu karena  kekurangan guru banyak guru agama yang harus mengajar mata pelajaran umum seperti IPA, IPS, Matematika atau mata pelajaran umum lainnya, zaman sekarang ini tidk boleh lagi ada yang miss mach, semuanya harus mach, artinya kualifikasi yang diampu harus sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan, yang kedua kompetensi Paedagogik, kompetensi ini sangat penting sebab jangan sampai selama ini hanya pokus ke pengetahuan semata tanpa bisa mengamalkan atau hanya mengejar pengetahuan tapi pemahaman masih lemah atau masih kurang,dan kompetensi ketiga Kompetensi Sosial dia harus bisa membangun komunikasi yang baik dengan stekholder seperti siswa, orang tua siswa, komite sekolah, pemerintah” ungkap Rakhman.

Di tempat yang sama Dr Supriyanto ketua yayasan Ummusshabri Kendari mengatakan, bahwa pelaksanaan Bimtek ini didasarkan bahwa pemahaman kurikulum 2013 belum merata pada semua guru, dan tidak semua guru memahami dengan baik kurikulum ini, keterbatasan waktu dan anggaran menjadi penyebab tidak semua guru dapat mengikuti bimbingan teknis tentang kurikulum 2013 ini. Termasuk diantaranya adalah guru-guru lingkup Pesantren Ummusshabri Kendari.Nah oleh karena itu dengan dilaksanakannya bimtek ini, diharapkan semua ustadz dan Ustadzah yang mengajar di Ummusshabri ini bisa memahami kurikulum 2013 ini baik dari aspek teorinya maupun aplikasinya.

Kegiatan Bimtek yang digagas oleh Ummusshabri ini bekerja sama dengan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sulawesi Tenggara yang ditandai dengan penandatanganan Kerja Sama antara Pesantren Ummusshabri Kendari dengan LPMP Prov Sultra.

Turut hadir dalam acara pembukaan Bimtek ini Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Prov Sultra Prof Dr. Hanna, M.Pd, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kendari Zainal Mustamin, S.Ag, MA, Pemateri Dari LPPM sultra serta seluruh Ustadz/Ustadzah lingkup Pesantren Ummusshabri Kendari (Pesri) mulai tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (Paud), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). (IK)

 

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn

Additional information