Tari Meronga Meriahkan Wisuda Pesri Kendari

Tari Meronga

Pesanteren Metropolitan Ummusshabri Kendari hari ini Rabu 28 Mei 2014 menggelar acara wisuda terpadu untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (Paud),Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). Kegiatan yang berlangsung di Aula KH Baedhawi Pesanteren Ummusshabri tersebut diwarnai dengan berbagai macam kesenian. Salah satu persembahan kesenian yang menarik perhatian para undangan yang hadir diacara itu adalah penampilan tari meronga persembahan santriwati MTs Pesri Kendari.

Terkait dengan penampilan tari merongan ini Dra. Hj. Juniati selaku guru pembina Ekstrakurikuler seni tari mengungkapkan bahwa  “tari meronga merupakan salah satu jenis tari yang terhitung cukup sulit, namun mampu dipentaskan dengan baik oleh anak didiknya” ungkapnya.

Juniati juga menambahkan bahwa tari Meronga merupakan salah satu jenis tari warisan budaya Sulawesi Tenggara. “ Meronga itu berarti bersama menceritakan filosopis kebersamaan seseorang sebagai mahluk sosial “ terangnya.

Kemeriahan pentas seni yang dipertontonkan oleh siswa MTs Pesri Kendari tidak hanya pada kegiatan prosesi Wisuda, namun juga berlanjut pada kegiatan malam Tasyakuran yang dihelat pada malam itu juga.

Ismail Kadir, M. Ag selaku Ka MTs Pesri mengapresiasi penampilan seni siswa MTs Pesri Kendari ini. baik yang tampil di acara wisuda maupun pada malam tasyakuran. “bahwa Keberhasilan mereka bisa tampil maksimal, itu tidak terlepas dari pembinaan secara kontinyu yang dilaksakan oleh guru guru MTs Pesri Kendari yang dilaksanakn selama ini.”ucapnya.

Kemeriahan acara wisuda terpadu dan Tasyakuran Pesantren Ummushabri yang digelar tersebut tidak hanya diwarnai oleh persembahan tari Meronga, namun juga berbagai cabang seni lainnya, diantaranya seni tari Tradisional yang dipadukan dengan Lulo Kreasi, pembacaan Puisi perpisahan, dan juga antraksi Taekwondo persembahan oleh siswa MTs Pesri Kendari (RS/IK)

 

 

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn

Additional information