Ummusshabri Gelar Pas Berbasis Komputer dan Android

Kendari (MTs Pesri) --- Ummusshabri Kendari melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) GanjilTahun Pelajaran 2019-2020 yang dilaksanakan mulai senin 25November sampai 2 Desember2019 mendatang.  

Seiring dengan perkembangan dan tantangan zaman maka lembaga pendidikan dituntut untuk selalu melakukan inovasi agar menjadi lembaga pendidikan yang berdaya saing, salah satunya adalah dengan pemanfaatan teknologi seperti penggunaan laptop dan android.

Bagi dunia pendidikan saat ini, pemanfaatan teknologi tentunya tidak hanya membantu dalam hal proses belajar mengajar tetapi juga dapat memudahkan satuan pendidikan dalam melakukan evaluasi hasil belajar, seperti dilakukan di MA dan MTs Ummusshabri Kendari saat ini. 

Menurut Kepala Madrasah Aliyah Pesri Kendari, Agus Sugito, S.Th.I., M.Pd bahwa pelaksanaan PAS yang dulunya dikenal dengan UAS dari pola soal dan jawaban berbasis kertas menjadi berbasis aplikasi merupakan sebuah inovasi sesuai dengan tuntutan perkembangan dunia pendidikan. ABT (AndroidBassedTest) maupun CBT (ComputerBassedTest) merupakan bagian integral dari arah pengembangan pendidikan di zaman modern, sasaran dari pengembangan pola ini adalah penggabungan penguatan karakter dengan pengembangan  kompetensi IT bagi guru dan siswa, sebagai langkah nyata menuju Madrasah Futuristik.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Kepala Madrasah TsanawiyahPesri Kendari,  Imanul Muttaqin,  S.Pd.I menurutnya Pelaksanaan PAS berbasis komputer dan android bertujuan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelaksanaan penilaian hasil belajar peserta didik. Selain itu, peserta didik juga sejak awal diperkenalkan integrasi ICT dalam proses dan penilaian pembelajaran. Dengan demikian kita berharap peserta didik mampu menginternalisasikan karakter pembelajaran abad 21 sehingga memiliki kompetensi dan daya saing di masa yang akan datang.

Pelaksanaan PAS Berbasis IT juga mendapat respon positif dari Direktur Pendidikan Yayasan Ummusshabri,  H. Zainal Mustamin,  S.Ag., MA, menurutnya " pelaksanaan PAS berbasis IT akan menempatkan siswa sebagai pengguna teknologi yang berorientasi pada hal hal yang bermanfaat,  demikian juga PAS berbasis IT bisa lebih efektif dan dapat mengurangi kecurangan siswa sehingga dapat meningkatkan integritas penyelenggaraan PAS itu sendiri. (AO/IK)

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn

Additional information