Ummusshabri Kendari Gelar Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-76 Secara Prokes

Kendari, (MTs Pesri)---Yayasan Ummusshabri Kendari (Selasa, 17 Agustus 2021) menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati detik-detik ProklamasiHUT Kemerdekaan RI ke-76, upacara ini dilaksanakan di Pelataran Madrasah Terpadu Ummusshabri Kendari.

Ketua Yayasan Ummusshabri Kendari Dr. Supriyanto, MA bertindak sebagai Pembina Upacara, sekaligus berkenan membacakan naskah teks Proklamasi Kemerdekaan RI. sementara bertindak sebagai komandan upacara Ahmad Adrian (XII MIA-2), pembaca do’a Dhita Aulia Rahmi (XII IMA),pengibar bendera masing-masing; Muhammad Nasar (XII IMA), Muhammad Safaruddin Asri (XII IMA), Afdal Rahmadi (XII MIA-2) dan pembawa bendera adalah Atria Suwarani (XII MIA-3) yang didampingi oleh beberapa pasukan pengibar bendera.

Jumadil Awal, S.Pd  wakil kepala Madrasah Aliyah bidang kesiswaan yang sekaligus sebagai pembina kegiatan upacara menginformasikan bahwa “Upacara bendera dalam rangka detik-detik Proklamasi HUT Kemerdekaan RI ke-76 lingkup Ummusshabri ini dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan, seiring dengan pandemi covid-19 yang belum berakhir dan pemberlakuan PPKM di Kota Kendari level 3 yang masing diperpanjang, misalnya; jumlah peserta upacara hanya diikuti oleh santri tingkat MTs dan MA yang mukim di asrama, itupun dikhususkan bagi santri kelas akhir dari masing-masing tingkatan, yang jumlahnya sekitar 100 santri, jauh berbeda dengan upacara sejenis 2 tahun yang lalu sebelum pandemi covid-19 yang jumlah peserta upacaranya bisa lebih dari 2.000 santri, “terangnya.

Lebih lanjut ia menuturkan “selain santri, upacara ini juga diikuti oleh pengurus yayasan dan dewan guru lingkup yayasan Ummusshabri Kendari. Selain pembatasan jumlah, seluruh peserta upacara juga diwajibkan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan/atau memakai handsanitizer

Walaupun dalam kondisi pandemi covid-19, upacara peringatan detik-detik Proklamasi HUT Kemerdekaan RI ke-76 ini tetap kami lakukan, dengan maksud agar santri Ummusshabri tetap memiliki jiwa nasionalisme dan pratriotisme yang kuat,menumbuhkembangkan kecintaan dan kebanggaan terhadap Indonesia, serta memiliki semangat dan cita-cita membangun negeri ini di masa mendatang dengan semangat NKRI, “tutupnya.

Setelah upacara bendera, untuk menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI tahun ini selanjutnya digelar kegiatan eksebisi lomba-lomba olahraga tradisional secara sederhana dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, yang diikuti oleh guru dan santri, misalnya guru-guru MTs Ummusshabri menggelar lomba lari terompah panjang, bola gotong, selfi twibbonize. Sedangkan santri asrama menggelar lomba lari karung, makan kerupuk, tarik tambang sarung, main hadang, tebak gaya, senam kreasi buatan sendiri. (MA/IK)

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn

Additional information