Wisuda Santri Ummusshabri Tahun 2022 Digelar Spektakuler

 

Kendari, (MTs Pesri)---Sudah menjadi tradisi di Ummusshabri untuk mengakhiri masa studi santri di gelar Wisuda Terpadu untuk santri PAUD, MI, MTs dan MA.Tahun ini wisuda santri XV digelar pada tanggal 4 Juni 2022 bertempat di Hotel Kubah 9 Kota Kendari, yang diikuti oleh 532 wisudawan dan wisudawati yang terdiri dari santri PAUD 86 orang, MI 148 orang,  MTs 205 orang, dan MA 93 orang.

 

Wisuda Terpadu Ummusshabri XV yang kepanitiaannya diamanahkan kepada jenjang MA dan PAUD ini digelar dengan meriah dan spektakuler, dengan desain panggung utama yang dilengkapi dengan lighting, LED dan sound menyerupai pagelaran final D’Academy yang di tayangkan oleh salah satu televisi swasta di Indonesia.

 

Pada Wisuda kali ini juga ditetapkan wisudawan (wati) terbaik bidang akademik, non akademik dan tahfizh al-Qur’an, diantaranya;

 

  • Bidang akademik : Sitti Luthfiyah Sholihah (MA), Aulia Salsabila Hasan (MTs), Ittaqy Kayla Tahzani (MI)
  • Bidang non akademik : Amanda Rossy Novancha Ramlan (MA). Muh. Rais Akbar Kaisan (MTs), Filzah Aina Syahwa (MI)
  • Tahfizh al-Qur’an : Karimatur Rizky (MA), Muh. Abdul Rozak (MI), Fathir Zihad Al Fasha Rusli dan Ahsan Surya Yahya (PAUD)

 

Ketua Yayasan Ummusshabri Dr. Supriyanto, MA mengawali sambutannya dengan melaporkan perkembangan Ummusshabri baik perkembangan bangunan fisik maupun pengembangan proses pembelajaran dan prestasi-prestasi yang diraih. Ia menuturkan  "Secara fisik, selain bangunan yang sudah rampung seperti gedung MI, gedung MA, gedung PAUD, dan beberapa sarana olahraga maka saat ini yayasan Ummusshabri juga sedang menyelesaikan beberapa bangunan diantaranya; asrama putri, masjid, gerbang utama, asrama putra, gedung MTs dan gedung ITS, “jelasnya.

 

“Selain aspek bangunan fisik, Ummusshabri juga terus mengembangkan pelayanan pembelajaran yang semakin baik, inovatif dan kreatif, dengan pelayanan pembelajaran yang baik tentu akan berdampak positif pada kualitas dan prestasi siswa serta satuan pendidikan yang ada di Ummusshabri, “tegasnya.

 

Ia menambahkan, “dalam kurun waktu 1 tahun terakhir pada tahun pelajaran 2021/2022 satuan pendidikan di Ummusshabri Kendari telah menyumbangkan berbagai juara/medali mulai dari tingklat lokal hingga tingkat nasional, diantaranya; Madrasah Ibtidaiyah memperoleh 44 medali dan 22 diantaranya tingkat nasional, Madrasah Tsanawiyah memperoleh 151 medali dan 82 diantaranya tingkat nasional, Madrasah Aliyah memperoleh 54 medali dan 32 diantaranya tingkat nasional.

 

Kepala Kantor Kementerian Agama Prov. Sultra H. Zainal Mustamin, S.Ag., MA dalam sambutannya mengatakan “sistem pendidikan di Ummusshabri menjadi kiblat dan inspirasi bagi Madrasah lainnya di Sulawesi Tenggara yang jumlahnya lebih dari 800, karena Ummusshabri dari waktu ke waktu terus berkreasi, berinovasi dan menunjukkan kemandiriannya dalam mengembangkan diri yang tidak bergantung pada bantuan yang bersumber dari pemerintah.

 

“Ummusshabri telah mampu mensejajarkan diri dengan berbagai lembaga pendidikan yang berkualitas dan bermutu di negeri ini, karena 2 indikator, yaitu pertama; Ummusshabri telah mendapat pengakuan di tingkat lokal, regional, nasonal bahkan internasional karena prestasinya, dan kedua; Ummusshabri memiliki kompetensi, keterampilan dan karakter yang kuat, “jelasnya.

 

Ketua Umum DPP GUPPI, Prof. Dr. H. Imam Thalhah, MA dalam sambutannya mengakronimkan kemajuan Ummusshabri dengan istilah KEREN, menurutnya ;

 

  • K = Keagamaan yang kuat, Kolaboratif yang luas dan Kompetitif di tingkat nasional bahkan internasional
  • E = Emanatif dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan tuntutan kemajuan dan perkembangan zaman.
  • R = Respect terhadap seluruh stakeholder, memberikan pelayanan secara maksimal dalam menjaga trust masyarakat
  • E = Elanvital yang Evolutif, memiliki semangat membara, dan maju-berkembang secara kontinu dan terukur dari waktu ke waktu
  • N = Nasionalis yang bisa menempatkan dan membawa pemahaman Islam sebagai Rahmat lil ‘Alamin

 

Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Dr. H. Lukman Abunawas, SH., M.Si., MH mengawali sambutannya dengan memberikan ucapan “selamat dan sukses atas terselenggaranya wisuda Terpadu santri Ummusshabri XV, mudah-mudahan Allah SWT melimpahkan rahmatnya kepada kita semua”

 

Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa “Ummusshabri Kendari sebagai pondok pesantren  tertua di Sulawesi Tenggara telah banyak melahirkan kader-kader/alumni terbaik yang tersebar di Sulawesi Tenggara, yang telah banyak membantu pemerintah dan berkiprah diberbagai sektor untuk kemajuan daerah ini.

 

“Pemerintah daerah sangat mendukung keberadaan dan eksistensi Ummusshabri di Sulawesi Tenggara, karena keberadaan dan programnya sangat relevan dan berhubungan dengan program Sultra Cerdas dan Sultra Beriman, dalam mengembangkan pendidikan di bumi Anoa ini, Ummusshabri bukan hanya mendidik dan membina santri dalam urusan agama saja tetapi juga ilmu secara umum khususnya bidang sains, “tambahnya.

 

Sebagai bentuk dukungan dan partisipasi pemerintah daerah terhadap program-program dan perkembangan Ummusshabri, maka in syaa Allah pada anggaran tahun 2023 pemerintah provinsi akan memberikan bantuan dana kepada Ummusshabri, karena silahkan membuat dan mengajukan proposal, “janjinya.

 

Turut hadir dan memberikan sambutan dalam Wisuda kali ini adalah Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Dr. H. Lukman Abunawas, SH., M.Si., MH, Ketua Umum DPP GUPPI Pusat Prof. Dr. H. Imam Thalhah, MA, Kakanwil Kemenag Sultra H. Zainal Mustamin, S.Ag., MA.

 

Wisuda Terpadu Santri Ummusshabri XV tahun 2022 ini, juga dihadiri oleh Dewan Pendidikan Sultra, BAN S/M Sultra, Kepala Kantor Kemenag Kota Kendari, Ketua IKA Pesri, dan tokoh-tokoh lainnya serta Orangtua/wali santri yang totalnya berjumlah kurang lebih 1800 orang. (MA)

 

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn

Additional information