Nahkoda dan Harapan Baru Madrasah Terpadu Ummusshabri Kendari

 

Kendari, (MTs Pesri)---Salah satu tradisi yang menjadi keunggulan di Ummusshabri bahwa rekrutmen calon kepala Madrasah dilakukan secara terbuka dan kompotitif yang bisa diikuti oleh siapapun yang memenuhi persyaratan yang ditentukan. Prosesnya pun tergolong kompetitif, dimana setiap calon harus mengikuti dan melewati sejumlah tahapan tes, diantaranya : seleksi berkas, tes kompetensi keagamaan, IT dan bilingual, tes wawancara komitmen serta tes presentasi makalah terstruktur tentang rencana program. Untuk menjaga obyektifitas dan kredibilitas maka penguji setiap tahapan berasal dari luar Ummusshabri dan hanya 1 orang yang berasal dari Ummusshabri.

 

Setelah dilakukan tahapan assesment dari tanggal 29 Mei hingga 9 Juni 2022 maka yang dinyatakan terpilih dan dikukuhkan pada hari ini tanggal 20 Juni 2022 masing-masing :

 

- Nur Fitri Hamid, S.Pd, sebagai Kepala PAUD

 

- Fajeri Ishak, S.Pd.I., M.Ed, sebagai Kepala MI

 

- Imanul Muttaqin, S.Pd.I., M.Pd., Gr, sebagai Kepala MTs

 

- Rahmat Yasin, S.Pd.I., M.Pd, sebagai Kepala MA

 

Pada sambutannya setelah mengukuhkan masing-masing kepala Madrasah, Ketua Yayasan Ummusshabri Dr. Supriyanto, MA mengatakan “Pergantian kepala Madrasah itu adalah hal biasa dan keniscayaan dari sebuah proses kepemimpinan di Madrasah, namun untuk proses pergantian kepala Madrasah di lingkup Yayasan Ummusshabri dilakukan dengan sistem rekrutment secara terbuka dan hasilnya dapat dipertanggung jawabkan karena melalui sebuah sistem atau mekanisme yang profesional, jelasnya”.

 

Dalam sambutannya pula beliau mengingatkan kepada kepala Madrasah dan tenaga pendidik, beberapa hal yang penting, Pertama, dalam hal inovasi dan kompetisi meraih prestasi saat ini kita tidak jalan sendiri, akan tetapi sudah banyak sekolah yang berada di belakang kita, ada yang sejajar dengan kita bahkan sudah ada yang berada di depan kita, ini artinya kita tidak bisa hanya berjalan seperti biasanya akan tetapi kita harus menaikkan speed, berjalan lebih cepat bahkan harus berlari agar kita selalu yang terdepan, “ajaknya.

 

Kedua, Ummusshabri harus tetap bisa menjaga branding citra positif selama ini, yaitu stigma masyarakat terhadap Ummusshabri sebagai sekolah/madrasah yang unggul, sekolah/madrasah berbasis bilingual, sekolah/madrasah berstandar Internasional, sekolah/madrasah yang mahal karena kualitas sarana dan layanannya, serta tahun ini sudah memiliki branding plus karena program kelas Tahfizh yang semakin meningkat.

 

Ketiga, ke depan Ummusshabri harus lebih fokus pada peningkatan kualitas dan kuantitas, terutama kualitas, karena kualitas pasti akan memberikan dampat positif terhadap peningkatan kuantitas. Karenanya beliau minta agar program madrasah bisa menseimbangkan antara kualitas dalam bidang sains dan kualitas dalam bidang spritual. Kualitas bidang sains akan terukur dari seberapa banyak masing-masing madrasah bisa memperoleh prestasi dari berbagai kejuaraan/kompetisi yang terstandarkan, kualitas bidang spritual, akan tergambar dari terciptanya habituasi Islami dari santri kita, yang tidak hanya nampak di masjid, sekolah dan kelas, akan tetapi juga harus tergambar dimana manapun meraka berada, mulai dari tata cara bertutur kata, bersikap dan berintersksi dengan lainnya, “harapnya.

 

Keempat, di Ummusshabri harus terbangun budaya kerja yang sehat, yaitu budaya kerja yang terbangun dari saling menyapa, saling melengkapi, saling mendukung, bertukar pikiran dan pandangan, saling menguatkan dan bersinergi antara satu dan yang lainnya, baik sesama dalam satuan pendidikan, antar satuan pendidikan, satuan pendidikan dan yayasan serta stakeholder lainnya, “tutupnya.

 

Pengukuhan/pelantikan kepala PAUD, MI, MTs dan MA Ummusshabri dilakukan di Masjid Ummusshabri yang dihadiri oleh pembina, pengawas dan pengurus Yayasan serta tenaga pendidik dan kependidikan lingkup Ummusshabri.

 

Pada acara ini pula ditandatangani serah terima amanah (jabatan) kepala PAUD dari Siti Salma, S.Pd., M.Pd kepada Nur Fitri Hamid, S.Pd dan kepala Madrasah Aliyah dari Agus Sugito, S.Th.I., M.Pd., Gr kepada Rahmat Yasin, S.Pd.I., M.Pd yang disaksikan oleh Dewan Pembina Yayasan.

 

Yang lebih menarik lagi pada acara ini juga diserahkan secara simbolis Tiket Umroh Gratis dari Yayasan kepada mantan kepala PAUD bunda Siti Salma, S.Pd., M.Pd dan mantan kepala MA ustadz Agus Sugito, S.Th.I., M.Pd., Gr. (MA/IK)

 

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn

Additional information