Ribuan Santri Ummusshabri Kendari Laksanakan Manasik Haji Terpadu

Kendari, (MTs Pesri)---Ribuan santri Madrasah terpadu Pesantren Ummusshabri (PAUD, MI, MTs, MA) Kamis (21/07/2022) melaksanakan simulasi/latihan manasik haji Akbar bertempat di komplek Pesantren Ummusshabri Kendari.

Kegiatan ini merupakan program tahunan yayasan Ummusshabri yang digelar setiap bulan Dzulhijjah, selain program tersebut juga terdapat program latihan manasik haji yang dilakukan setiap jenjang dan kelas masing-masing satuan pendidikan yang waktunya tentatib sesuai dengan jadwal yang telah disusun.

Drs. H. Arsidik Asuru, M.Ag Ketua Dewan pembina yayasan Ummusshabri dalam arahannya yang sekaligus bertindak sebagai Khatib pada khutbah Arafah bersyukur dan mengapresiasi kegiatan ini, “Alhamdulillah, setelah 2 tahun terakhir tidak dapat dilaksanakan latihan manasik haji akbar karena pandemi covid-19, maka kali ini kegiatan yang merupakan program tahunan ini kembali dapat dilaksanakan, karenanya atas nama pimpinan yayasan Ummusshabri mengucapkan terimakasih kepada seluruh stakeholder yang terlibat dalam kegiatan ini, sekaligus saya berharap agar kegiatan semacam ini terus digalakkan, terlebih Ummusshabri memiliki cukup sarana prasana dan SDM untuk melakukannya.

Lebih lanjut Arsidik menuturkan bahwa, “kegiatan yang diikuti oleh seluruh santri ini merupakan implementasi dari pelaksanaan pembelajaran dan kurikulum dari bidang studi keagamaan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan/keterampilan santri tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji termasuk ketentuan dan do’a/bacaan dari setiap rangkaian ibadah tersebut.

Selain hal tersebut, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menanamkan sikap religius santri melalui penghayatan terhadap haji sebagai rukun Islam yang kelima, dengan harapan nantinya ketika mereka benar-benar menunaikan ibadah haji di Mekkah al-Mukarramah maka mereka sudah memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang berhaji sehingga tinggal memaknai dan menghayati secara khusu’ dari seluruh rangkaian ibadah haji itu, “harapnya.

Bambang Suprayitno, M.Pd.I Sekretaris yayasan Ummusshabri menjelaskan mekanisme dan tata cara pelaksanaan latihan manasik haji Akbar, ia menuturkan “Jenis haji yang dipilih untuk latihan manasik haji tahun ini adalah haji Ifrad, rangkaian kegiatannya dimulai dari Miqat yang berada pada gedung pembelajaran masing-masing satuan pendidikan dan sekaligus santri sudah mengenakan pakaian ihram atau pakaian putih-putih dan mukena, selanjutnya mereka menuju dan berkumpul di padang Arafah (halaman madrasah) sekaligus mendengarkan khutbah Arafah, selanjutnya santri menuju Mudzdalifah dan Mina (samping lapangan futsal) untuk melontar tiga jumrah (replika Ula, Wustha dan Aqabah) dengan menggunakan properti yang diibaratkan batu kerikil, selanjutnya mereka menuju miniatur Ka’bah untuk melakukan Thawaf Ifadhah, selanjutnya mereka minum air zamzam, kegiatan manasik selanjutnya adalah Sa’i yaitu berlari-lari kecil antara replika bukit Shafa dan Marwah dan kemudian ditutup dengan Tahallul secara simbolis, “jelasnya.

Lebih lanjut ia menuturkan bahwa “sebelum santri melakukan latihan manasik haji terlebih dahulu mereka mendapatkan pengarahan dan bimbingan dari bapak/ibu guru, tentang tata cara pelaksanaan dan do’a-do’a yang mereka harus baca pada setiap rangkaian ibadah haji, dan pada saat pelaksanaan manasik santri juga didampingi oleh bapak/ibu guru sebagai pembimbing,”tambahnya.

Kegiatan latihan manasik haji Akbar ini diikuti oleh ribuan santri Ummusshabri, selain santri juga melibatkan segenap pengurus yayasan Ummusshabri, kepala Madrasah / Sekolah masing-masing satuan pendidikan dan seluruh tenaga pendidik dan kependidikan Ummusshabri. (MA/IK).

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn

Additional information