Ummusshabri Borong Piala Kirab Menyambut Tahun Baru Islam 1444 H

 

Kendari (MTs Pesri)---Madrasah Terpadu Lingkup Yayasan Ummusshabri Kendari telah menorehkan prestasi gemilang pada pawai kirab dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1444 H yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara, Jum’at (29/7/2022).

Pada kegiatan kirab yang diikuti oleh sekitar 14.444 peserta dengan ratusan barisan/kafilah dari berbagai institusi; madrasah, pondok pesantren, ormas Islam, instansi, kelompok majelis taklim tersebut Madrasah terpadu Ummusshabri Kendari berhasil memborong piala dengan mempersembahkan juara 1 tingkat Madrasah Ibtidaiyyah, juara 1 tingkat Madrasah Tsanawiyah, dan juara 1 serta harapan 3 tingkat Madrasah Aliyah.

Keberhasilan tersebut tentunya tidak terlepas dari tampilan dan kreasi selama kirab seperti lantunan asmaul husna, Sya'ir Abu Nawas/I’tirof (ilahi lastu lil firdausi ahla..), sholawat badar (thala’al badru ‘alaina…), mars Ummusshabri dan yel-yel gerakan kemenag Sultra bersahabat dalam bingkai 3-B (bersama, bersatu, bersaudara) serta beberapa yel penyemangat lainnya yang membangkitkan semangat peserta pawai. Selain yang bersifat bacaan, barisan peserta kirab juga dihiasi dengan berbagai asesoris dan properti yang semakin menambah meriahnya setiap barisan, seperti; properti unta, standing banner yang dibuat layaknya pasukan muhajirin yang sedang berhijrah, spanduk dengan tulisan dan pesan-pesan penyemangat berhijrah serta pakaian peserta kirab yang mengkombinasikan antara nuansa ke-Islaman dan budaya lokal/daerah Sultra.

Fajeri Ishak, S.Pd.I., M.Ed, selaku kepala MI Pesri Kendari, bersyukur atas prestasi ini “alhamdulillah MI Pesri memperoleh Juara 1 pada kirab menyambut 1 Muharram 1444 H.

“pada kirab tahun ini MI Pesri menurunkan seluruh siswa kelas 4, 5 dan 6 yang  berjumlah 563 ditambah 80 orang guru dan staf, yang menarik pada barisan MI adalah adanya properti replika unta yang ditarik dengan menggunakan gerobak dan di atasnya duduk salah seorang siswa kami.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa “sebetulnya kami hanya ingin berpartisipasi dan memeriahkan peringatan 1 Muharram, namun ternyata mendapat juara, “ucapnya.

Kepala MTs Pesri Imanul Muttaqin, S.Pd.I., M.Pd., Gr juga menuturkan, “alhamdulillah, Madrasah kami bisa turut serta memeriahkan kirab dalam rangka tahun baru Islam 1 Muharram 1444 H. “Partisipasi dalam kegiatan tersebut merupakan bentuk syiar agama Islam khususnya di Kota Kendari, olehnya itu sebanyak lebih dari 600 peserta didik dan guru/staf MTs Ummusshabri Kendari kompak turun ke jalan dengan menggunakan busana muslim yang dipadukan dengan berbagai atribut islami dan budaya daerah Sultra.

“Ucapan terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh Kanwil Kemenag Sultra yang menobatkan MTs Ummusshabri Kendari sebagai kontingen terbaik tingkat MTs dalam kirab tersebut. Semoga semangat hijrah selalu kita gelorakan dalam kehidupan kita, “tambahnya.

Hal senada juga disampaikan oleh kepala MA Pesri Kendari Rahmat Yasin, S.Pd.I., M.Pd “bagi kami momentum 1 Muharram merupakan suatu lompatan besar yang patut kita maknai esensinya yaitu hijrah, hijrah dari sesuatu yang sudah baik ke sesuatu yang lebih baik lagi, merujuk kepada moto Ummusshabri dahulu, berusaha mewujudkan hari yang lebih baik dari kemarin, dan hari esok yang jauh lebih baik dari hari ini.

“keikut sertaan kami dalam rangka pawai kirab dalam menyambut 1 Muharram 1444 H ini sebagai wujud semangat kami untuk semakin maju dan lebih baik lagi dalam memajukan lembaga kami, “ungkapnya.

Ia menambahkan “keberhasilan MA Pesri meraih juara 1 dan harapan 3 pada pawai kirab ini tentu merupakan kado terindah kami dalam memasuki tahun baru Islam ini, karenanya selaku kepala Madrasah saya ucapkan banyak terima kasih kepada bapak/ibu guru yang dengan semangat tak kenal lelah dalam mempersiapkan, membimbing dan mendampingi anak-anak kami yang hebat sehingga kami menjadi yang terbaik, “tutupnya.

Kegiatan pawai kirab ini dibagi ke dalam 2 gelombang, yaitu; sesi pagi hari diperuntukkan bagi siswa tingkat MI, MTs, dan Ikatan Guru RA yang mengambil titik star di masjid raya al-Kautsar Kendari dengan melintasi jalan poros Abdullah Silondae – Ahmad Yani dan finish di halaman Kanwil Kemenag Sultra, sedangkan pada sesi siang hari (ba’da sholat jum’at) diperuntukkan bagi siswa tingkat MA, Pontren, dan Ormas Islam dengan mengambil titik star di pesantren Ummusshabri dengan pelepasan peserta di halaman Kanwil Kemenag Sultra melintasi jalan poros Ahmad Yani – lrg. Mekar dan finish di pesantren Darul Muhlisin Kendari yang sekaligus dilanjutkan dengan upacara pembukaan Pekan Olah Raga dan Seni Antar Pondok Pesantren Daerah (Pospeda) tingkat Sulawesi Tenggara. (MA/IK)

 

 

 

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn

Additional information