513 Santri Ummusshabri Kendari Diwisuda

 

Kendari, (MTs Pesri)---Santri Yayasan Ummusshabri Kendari Sabtu, (3 Juni 2023) diwisuda Wisuda santri XVI yang digelar secara terpadu mulai jenjang PAUD, MI, MTs dan MA. Dan berlangsung di Hotel Kubah 9 Kota Kendari, yang diikuti sebanyak 513 wisudawan dan wisudawati dengan rincian PAUD 118 orang, MI 157 orang, MTs 170 orang, dan MA 68 orang.

Dari sejumlah santri tersebut salah satunya adalah Alvito Martciano Darmawan yang merupakan anak dari Gubernur Sulawesi Tenggara Bapak Ali Mazi.

Dalam acara ini pula ditetapkan wisudawan dan Wisudawati terbaik untuk bidang akademik, non akademik dan tahfizh al-Qur’an.

Bidang akademik: Sabrina Azizah Rahmadini Rabung (MA), Amany Afifah Asfar (MTs), Assyifa Aqifa Qalbi (MI)

Bidang non akademik: Rezki Abdia Umar (MA), Muhamad Azhar (MTs), Mufida (MI), Anindita Azzahra Ahmad, Ratu Gemala Isalimidina dan Gibran Al Qawiyi Ilham (PAUD)

Tahfizh al-Qur’an: Sofia Rahmani Amalia (MA), Muhammad Fadhil Azhari (MTs), Emerald Dzaky Ghiffari (MI), Muhammad Altaf Arasy, Muhammad Rayyan Azfar Kaisan De Silva (PAUD)

Nuansa Pelaksanaan wisuda tahun ini agak berbeda dengan tahun sebelumnya karena mengangkat tema salah satu budaya lokal yaitu budaya Buton, yang dikemas dengan kombinasi budaya lokal lainnya di Sultra, hal itu nampak dari pakaian yang dikenakan oleh Pengurus Yayasan dan kepala Madrasah lingkup yayasan Ummusshabri yang seluruhnya merupakan pakaian adat yang ada di Sultra.

Ketua Yayasan Ummusshabri Dr. H. Supriyanto, MA dalam pengantar katanya menyampaikan perkembangan Ummusshabri mulai dari perkembangan bangunan fisik sampai capaian prestasi yang diraih oleh masing-masing satuan pendidikan.

Supriyanto menyampaikan"kalau tahun lalu saya melaporkan perkembangan infrastruktur seperti gedung PAUD, asrama putri, kantin dll, maka dalam 1 tahun terakhir ini seperti yang bisa saksikan sedang dalam proses pengerjaan pintu gerbang yang mewah, yang ini juga akan menjadi salah satu ikon di Ummusshabri, saat ini pula sedang pengerjaan asrama putra 3 lantai, yang insyaa Allah awal Juli nanti sudah bisa dimanfaatkan oleh santri baru, “harapnya.

Ia juga mengungkapkan“saat ini Ummusshabri sedang melanjutkan pengerjaan pembangunan Masjid yang diharapkan bisa menjadi tanggungjawab orang tua/wali dalam penyelesaiannya sebagai tabungan dan investasi akhirat melalui proyek amal jariyah, “pintanya.

Lebih jauh juga mengungkapkan“di bulan Juli setelah memasuki tahun ajaran baru, insya Allah Ummusshabri juga akan melakukan groundbreaking (peletakan batu pertama) pembangunan Ummusshabri Tower 8 lantai,”ungkapnya.

“pada aspek prestasi dalam kurun waktu 1 tahun terakhir ini tepatnya tahun pelajaran 2022/2023 semua satuan pendidikan lingkup yayasan Ummusshabri Kendari telah menyumbangkan berbagai kejuaraan/medali yang luar biasa banyak mulai dari tingkat Kab./Kota, Provinsi hingga tingkat Nasional, diantaranya; Madrasah Ibtidaiyah memperoleh 51 medali dan 21 diantaranya medali tingkat nasional, Madrasah Tsanawiyah memperoleh 305 medali dan 229 diantaranya medali tingkat nasional, Madrasah Aliyah memperoleh 164 medali dan 110 diantaranya medali tingkat nasional, “tutupnya.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sultra H. Muhamad Saleh, S.Ag., M.Pd.I dalam sambutannya mengapresiasi perkembangan Ummusshabri, ia mengatakan “madrasah di bawah naungan yayasan Ummusshabri telah menunjukkan eksistensinya sebagai madrasah berkualitas, yang dalam rentang waktu yang cukup singkat telah berubah wajah, baik fisik maupun non fisik. Madrasah ummusshabri melaju dengan segudang prestasi. Kita semua berharap bahwa madrasah di bawah yayasan Ummusshabri Kendari terus berkarya, dan menjadi madrasah rujukan dikemudian hari," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, madrasah di bawah naungan yayasan ummusshabri, menunjukan prestasi pada berbagai level baik lokal, regional, maupun nasional, dan menjadi salah satu madrasah berprestasi dari 820 madrasah negeri dan swasta di Sulawesi Tenggara.

“saya berharap kepada seluruh civitas akademika agar terus bekerja dan berkarya dengan penuh dedikasi untuk madrasah ummusshabri yang telah menjadi madrasah kebanggaan kota Kendari, " ucapnya.

“kepada para wisudawan/wisudawati yang hari ini telah diwisuda, saya mengucapkan selamat atas prestasinya. Anak-anaku telah menjalani proses pembelajaran yang akan menjadi bekal berharga untuk mengikuti pembelajaran pada jenjang selanjutnya," harapnya.

Turut memberikan sambutan, Ketua Umum DPP GUPPI, Prof. Dr. H. Imam Thalhah, MA. Ia  mengawali sambutannya dengan menjelaskan posisi organisasi Gerakan Usaha Pembaharuan Pendidikan Islam (GUPPI) bagi Ummusshabri, menurutnya secara history sejak awal berdirinya Ummusshabri secara kelembagaan memang dinaungi oleh organisasi GUPPI, termasuk juga pelopor pendirian Ummusshabri  adalah merupakan fungsionaris GUPPI mulai dulu hingga sekarang.

Lebih lanjut beliau menuturkan, “prestasi yang diraih oleh santri Ummusshabri tahun ini sungguh luar biasa banyaknya, menurut saya ada beberapa factor, diantaranya;

pertama, karena kemampuan peserta didik dan kemauan yang sungguh-sungguh dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru; kedua, karena bimbingan pembelajaran dan pelatihan yang dilakukan oleh guru, menurut saya guru di Ummusshabri sangat professional dan kompeten sehingga mampu mendidik dengan baik; ketiga, kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola dengan baik, kepemimpinan transdp[ormatif, memiliki karakter mengikuti perubahan sesuai perkembangan zaman; keempat, fasilitasi dari yayasan Ummusshabri yang berkembang secara dinamis, mampu melakukan rekrutment tenaga pendidik dan kependidikan yang professional, dan juga kemampuan yayasan dalam melakukan networking yang tidak hanya tingkat nasional tetapi juga tingkat internasional, sehingga secara bertahap Ummusshabri memasuki persaingan global, selain faktor tersebut juga faktor orang tua/wali santri yang telah terjalin kerjasama yang baik dengan pihak Ummusshabri, “tegasnya.

Sementara itu Gubernur Sulawesi Tenggara H. Ali Mazi, SH mengawali sambutannya mengungkapkan rasa syukurnya karena di Sultra semakin banyak pendidikan baik negeri maupun swasta yang telah menyelenggarakan program wajib belajar dan program pendidikan anak usia dini, salah satunya adalah Yayasan Ummusshabri.

“Ummusshabri sebagai Pendidikan Islam tertua di bumi Anoa yang saat ini usianya telah mencapai setengah abad telah menyumbangkan berbagai kontribusi dalam meningkatkan kualitas SDM dan telah banyak pula melahirkan alumni yang telah berkiprah dalam berbagai bidang kehidupan.

“masih segar dalam ingatan saya, sekitar 10 tahun yang lalu kompleks Ummusshabri yang terletak di jantung ibukota provinsi masih memiliki fasiltas yang terbatas namun kini kompleks Ummusshabri bertransformasi begitu cepat menjadi kawasan dengan penataan fasilitas dan bangunan yang dapat menjadi nilai tambah terhadap keindahan kawasan Kota Kendari, “pujinya.

“Karena itu saya berharap agar semua unsur penyelenggara Pendidikan di Yayasan Ummusshabri ini tetap istiqomah dalam komitmen untuk menciptakan generasi muda bangsa yang memiliki kualitas paripurna yang dalam agama Islam disebut sebagai Insan Kamil, yakni manusia yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta memiliki akhlakul karimah.

Ia juga menambahkan, “kehadiran saya di sini selain sebagai Gubernur Sulawesi Tenggara juga menghadiri undangan yayasan sebagai orang tua/wali wisudawan tingkat MI atas nama Alvito Martciano Darmawan.

“Sebagai Gubernur saya menyambut baik dan mengapresiasi  seraya mengucapkan selamat dan sukses kepada Yayasan Ummuusshabri Kendari yang kembali mewisuda santrinya tahun pelajaran 2022/2023, semoga kegiatan wisuda ini dapat menambah motivasi bagi pengelola Yayasan Ummusshabri untuk menghadirkan penyelenggaraan Pendidikan yang lebih berkualitas demi menghasilkan SDM yang mampu mengambil peran dan berkontribusi dalam percepatan pembangunan untuk kemajuan masyarakat, daerah, bangsa dan negara kita, “harapnya.

Di akhir sambutannya Gubernur berpesan kepada wisudawan (wati) “jadikanlah wisuda kali ini sebagai tonggak awal untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar di masa mendatang, teruslah belajar dan berkembang dan tetap berpegang pada nilai-nilai Islam karena kalian adalah generasi penerus pembangunan daerah dan bangsa, “tutupnya.

Yang lebih menyenangkan pihak yayasan Ummusshabri Kendari karena di akhir sambutannya Gubernur Ali Mazi juga menjanjikan secepatnya akan memproses hibah tanah Pemprov yang sudah digunakan oleh Ummusshabri sejak tahun 1973 untuk penyelenggaraan Pendidikan, dan beliau minta kepada semua pihak untuk mendukung niat baik ini yang kemudian niat Gubernur ini diamini oleh seluruh hadirin pada momentum Wisuda kali ini.

Hadir dalam acara ini Gubernur Sulawesi Tenggara H. Ali Mazi, SH, Ketua Umum DPP GUPPI Pusat Prof. Dr. H. Imam Thalhah, MA, Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Kemenag RI H. Zainal Mustamin, S.Ag., MA, Kakanwil Kemenag Sultra H. Muhamad Saleh, S.Ag., M.Pd.I, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Sultra Yusmin, S.Pd., MH, Ketua DPRD Kota Kendari H. Subhan, ST, beberapa Pejabat lingkup Prov. Sultra, tokoh Ulama, tokoh Pendidikan dan Ormas Islam serta orang tua/wali santri.(MA/IK).

 

 

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn

Additional information